Hindari Hal Fatal, Dewan Dukung Pemko Pekanbaru Kenakan Tipiring ke Warga Buang Sampah Sembarangan

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Langkah Tim Yustisi Pekanbaru untuk tegas menyisir dan melakukan tindakan terhadap warga yang membuang sampah di Pekanbaru didukung oleh DPRD Pekanbaru.

"Masalah tindak pidana ringan (Tipiring) itu kita setuju dan dukung, agar sampah tak dibuang sembarangan," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Robin Eduar.

Politisi PDI P ini mengatakan, persoalan sampah ini kalau dibuang sembarangan akan mengganggu estetika kota, bahkan menyebabkan hal yang fatal, seperti banjir.

"Kita mau Pekanbaru bersih dari sampah, kalau dibuang sembarangan tak baik, banjir, kalau terus diterapkan kita setuju," imbuhnya, Senin (23/1/2023).

Ia mengimbau kepada masyarakat luas, untuk bersama-sama menjaga Kota Pekanbaru dari sampah.

Diberitakan sebelumnya, Tim Yustisi Pemko Pekanbaru mengamankan 5 orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Kelima orang ini tertangkap dalam operasi Simpatik Bertuah.

"Kita tim yustisi yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Kesbangpol dan juga DLHK melakukan razia persampahan. Hasilnya ada 5 orang yang kita amankan karena kedapatan buang sampah sembarangan," ujar Wakil Ketua Yustisi Pemko Pekanbaru Syoffaizal.

Ia mengatakan kelima orang ini ditangkap di tiga tempat berbeda. Yakni tiga orang tertangkap di Jalan Sudirman dekat Adira Finance, kemudian 1 orang tertangkap di Jalan Kuini dan 1 orang lagi di Jalan Manggis.

"Yang anehnya, ada yang rumahnya jauh dari lokasi tersebut namun buang sampahnya di situ. Contohnya ada yang tinggalnya di Jalan Terubuk tapi buang sampahnya di Jalan Manggis," ujarnya.

Disampaikan Asisten I Setdako Pekanbaru ini, kelima orang ini selanjutnya didata dan masing-masing difoto.

"Untuk saat ini kelima orang tersebut memang masih kita beri peringatan untuk tidak melakukan hal seperti ini. Jika nantinya kedapatan lagi maka akan dikenakan sanksi Tindak Pidana Ringan atau Tipiring. Karena kan mereka sudah difoto, nanti bakal ketahuan kalau mereka mengulanginya lagi," ungkapnya.

"Dan mereka tadi berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut," imbuhnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar