Penampilan Budaya Bugis

Penampilan Tarian Oleh IWSS Inhil

TEMBILAHAN, POTRETRIAU.com - Pesta Ragam Budaya Nusantara dalam rangka memperingati Dirgahayu TNI ke-77 TNI yang digelar oleh Kodim 0314/Inhil, Kerukunan Keluarga Bugis Sulawesi Selatan (KKSS) bekerja sama dengan Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kabupaten Indragiri Hilir (INHIL) ikut berpartisipasi memeriahkan festival tersebut.

Acara tersebut berlangsung dari tanggal 5 hingga beberapa hari kedepan di Lapangan Gajah Mada Jalan Gajah Mada Tembilahan yang pada malam hari ini suku Bugis menampilkan budayanya. Senin, 10 Oktober 2022.

Pada festival tersebut KKSS dan IWSS berkerja sama menampilkan berbagai budaya bugis berupa Lagu-Lagu Khas Bugis, Tarian-tarian, hingga pencak silat khas suku Bugis. 

Adapun beberapa tarian yang tampilkan KKSS yang dalam hal ini dipergakan oleh IWSS Inhil salah satunya adalah Tarian Anging Mammiri. 

Filosofi yang terkandung dari lirik lagu Anging Mammiri memang menunjukkan kerinduan seseorang yang dititipkan kepada angin agar membuat orang yang dituju kembali. Filosofi ini tetap masih terlihat meskipun liriknya dimodifikasi.

Meski begitu, makna dan filosofi lagu Anging Mammiri ini tidak sebatas ungkapan kerinduan dan gunda gulana seseorang. Banyak orang yang salah kaprah dengan filosofi dan makna lagu Anging Mammiri ini yang sebenarnya.

Menurut penelitian Aristofani yang berjudul Transformasi Teks Lagu Daerah Anging Mammiri, dijelaskan bahwa lagu Anging Mammiri merupakan bentuk mantra yang digunakan seorang laki-laki untuk mempengaruhi wanita idamannya.

Mantra pada lagu Anging Mammiri merupakan mantra dasar yang umum dipakai. Untuk melakukannya, biasanya di pengguna akan meniupkan nafas setelah membaca mantra tersebut.

Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, kepercayaan akan hal-hal mistis berupa mantra seperti ini masih sangat kental. Terutama pada upacara tradisional, akan kurang lengkap tanpa adanya mantra-mantra.

Inilah salah satu tarian budaya suku bugis yang masih dipertahan sampai sekarang.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar