Akibat Perubahan Cuaca, Sejumlah Harga Bahan Pangan di Pekanbaru Naik

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Akibat perubahan cuaca, yang kini memasuki musim penghujan, sejumlah bahan pokok di Riau, khususnya Pekanbaru, mengalami kenaikan harga. Dari pantauan di Pasar Cik Puan, Pekanbaru, Selasa (11/10/2022), kenaikan harga terjadi pada Cabai dan Beras.

Bahan pangan lainnya yang mengalami kenaikan harga adalah Bawang Merah, Cabai Merah, dan Ayam Potong.

Kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada Beras Belida, dimana 20 kg beras dijual dengan harga Rp 240.000,00. Padahal sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 212.000. Untuk Beras Solok yang biasanya dijual Rp15.000/kg menjadi Rp 16.000/kg.

Harga Bawang Merah yang sebelumnya Rp 30.000/kg, kini dijual menjadi Rp35.000/kg. Begitu juga Cabai Merah yang sebelumnya hanya Rp 45.000/kg, sekarang dijual menjadi Rp 60.000/kg.

Sedangkan untuk harga ayam potong mengalami kenaikan Rp1.000/kg, menjadi Rp 20.000/kg. Sebelumnya ayam potong dijual Rp19.000/kg.

Beberapa pedagang mengaku penjualan mereka menurun hingga 50%.

"Jauh. Drastis turunnya, hingga 50%. Biasanya orang beli 2 kg, sekarang cuma 1 kg," tutur Wahyu, salah seorang pedagang cabai dan sayuran di Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Katanya, kenaikan harga ini masih ada dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, juga dipicu adanya perubahan cuaca. Musim hujan membuat transportasi agak terganggu di proses pengangkutan, sehingga menyebabkan sulit untuk mendapatkan bahan pangan.

Seperti diketahui, Riau masih mendatangkan beras dan bahan pangan lain dari provinsi tetangga untuk memenuhi kebutuhan warganya. Sebut saja dari Sumbar dan Sumut. Di saat musim hujan, arus transportasi kerap terganggu, baik akibat jalan longsor ataupun banjir di jalan, yang menjadi hambatan distribusi bahan pangan.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar