Karhutla di Dua Kabupaten, BPBD Riau Menurunkan Heli Water Bombing

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Kepala BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal mengatakan, hari ini terdapat 3 titik lokasi Karhutla yang terjadi di dua kabupaten di Riau, Selasa (11/10/2022).

Edy menjelaskan, bahwa dua kabupaten tersebut adalah Rohil dan Rohul. Data diperoleh dari patroli udara BPBD Riau.

"Lokasi kebakaran hari ini terjadi di Teluk Piai dan Kubu, Kabupaten Rohil dan Tambusai Timur, Kabupaten Rohul," kata Edy kepada CAKAPLAH.com.

Ia menjelaskan, yang terdeteksi hari ini adalah Karhutla dengan spot-spot kecil.

Meski begitu, untuk penanganan Karhutla ini, 2 unit helikopter sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan water bombing.

"Karena dilihat dari posisinya, lokasi kebakaran terjadi di tengah-tengah kawasan perbukitan, jadi sulit jika diakses dengan jalur darat. Makanya kita turunkan helikopter untuk melakukan water bombing karena memang lokasinya agak sulit ditempuh oleh tim kita di darat. Lokasinya juga di atas bukit,” cakapnya lagi.

Selain itu, lokasi lahan yang terbakar juga jauh dari sumber air, sehingga upaya pemadaman api di lahan terbakar memang harus dilakukan melalui udara.

Edy juga menjelaskan, bahwa di sekeliling lahan yang terbakar ini terdapat perkebunan kelapa sawit masyarakat. Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan luasan lahan yang terbakar, karena petugas masih berjibaku melakukan pemadaman api.

“Areanya non konsesi ya, di sekeliling ada kebun sawit masyarakat. Nanti kalau sudah selesai semua, akan diukur, baru ketahuan berapa hektare luasan lahan yang terbakar,” tukasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar