Upayakan Bantuan Sosial Tepat Sasaran, Pemko Pekanbaru Gandeng IPB

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru serius mewujudkan data valid dan akurat di wilayah setempat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penandatanganan MoU antara Pemko Pekanbaru bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Hari ini kita sama-sama kita saksikan bahwa kita MoU dengan IPB. Adapun MoU ini dengan satu tujuan bagaimana bisa data di Pekanbaru itu presisi atau akurat. Artinya kita ingin data yang ada di Pekanbaru valid dan data yang bertanggungjawab," ujar Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, Jumat (14/10/2022).

Ia mengatakan untuk saat ini masih banyak dilihat ketika ada bantuan ke masyarakat masih banyak komplain. Karena yang diberi bantuan itu tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.

"Dapat saya katakan bahwa memang sempurna hanya milik Allah. Tapi tak ada salahnya kita untuk menyempurnakannya. Maka kedepan harapannya dengan kerjasama dengan IPB ini, kita bisa mewujudkan kelurahan presisi itu. Nanti kita akan coba sampel nya di salah satu kelurahan. Kita minta satu kelurahan untuk melengkapi, atau mengikuti dam menjalankan kelurahan presisi ini. Semoga datanya valid," cakapnya.

Harapannya di tahun depan data Pekanbaru benar-benar akurat, data valid, by name, by address, dan by koordinat. 

"Jadi nanti kita tahu berapa orang yang layak terima bantuan, apa kategorinya, jangan mereka berkendara motor, rumah bagus, rumah semen tapi dapat BLT. Tapi samping rumah itu gubuk udah reot, lantai tanah, itu tak dapat. Makanya ini kita sempurnakan," ungkapnya.

"Maka kita minta suport kepada IPB, bagaimana kedepan di Pekanbaru ini bisa menjadi data yang benar-benar akurat," ungkapnya.

Assisten I Sekda Pekanbaru Syoffaizal menambahkan adapun data kelurahan presisi adalah data akurat untuk beberapa lokus.

Semisal untuk data warga miskin, jika selama ini hanya berupa data diatas kertas saja, untuk data kelurahan presisi akan dilakukan pendataan terinci.

"Nanti akan ada juga petugas pendataan yang akan turun ke lapangan," ujar Syoffaizal.

Lanjut Syoffaizal, data kelurahan presisi sangat berguna untuk menunjang program pembangunan Kota Pekanbaru. 

"Sehingga pembangunan dan berbagai bantuan pemberdayaan masyarakat juga akan lebih terarah," pungkasnya.

Direncanakan kerjasama dengan IPB ini akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar