Kampar dan Kuansing Usulkan Rumah Sakit Tipe C ke Pusat

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Pusat tahun 2023 ini akan membangun rumah sakit tipe C di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis senilai Rp65 miliar. 

Pembangunan rumah sakit tersebut merupakan usulan dari Pemkab Bengkalis, yang diteruskan Pemprov Riau melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Riau ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tak ingin ketinggalan dari Bengkalis, Pemkab Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing) juga mengusulkan rumah sakit yang sama ke Kemenkes melalui Diskes Riau. 

"Tahun ini Kemenkes akan bangun rumah sakit Tipe C di Pulau Rupat usulan Pemkab Bengkalis. Rumah sakit itu nantinya memiliki empat spesialis dasar," kata Kepala Diskes Riau, Zainal Arifin, Selasa (31/1/2023).

"Kemudian tahun depan ada dua kabupaten yang mengusulkan bantuan pembangunan rumah sakit Tipe C ke pusat, yakni Kampar dan Kuansing," sambungnya. 

Karena itu, Zainal berharap kepada kabupaten/kota untuk yang membutuhkan rumah sakit untuk mengusulkan segera, sehingga bisa cepat diproses untuk usulan tahun 2024. 

"Untuk Kampar dan Kuansing proposal usulannya sudah sampai ke kita, dan segera kita teruskan ke Kemenkes. Mudah-mudahan keduanya tahun depan usulannya diterima," ujarnya. 

Ditanya rumah sakit yang diusulkan Kampar dan Kuansing akan dibangun di daerah mana, Zainal mengaku belum tahu secara detail rumah sakit Tipe C yang diusulkan kedua daerah itu akan dibangun kecamatan mana. 

"Saya kurang tahu persis posisi rumah sakit dibangun di mana. Tapi biasanya rumah sakit itu dibangun di kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten. Seperti Rupat itu kan di pulau, di sana hanya ada puskesmas," tukasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar