Muflihun Luncurkan Gertam Cabai dan Bawang Merah, Camat Dimintai Data Lahan Kosong

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun meluncurkan Gerakan Tanam (Gertam) cabai dan bawang merah di Lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi (siCANTIG), Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Sabtu (15/10/2022). Peluncuran gerakan tanam cabai dan bawang merah ini guna menekan inflasi.

Muflihun menyampaikan gerakan tanam Cabai dan Bawang Merah ini diamanahkan oleh pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan terjadi kegoncangan ekonomi. 

"Pada Bulan Juli, Pekanbaru sempat mengalami inflasi. Agustus sempat deflasi. September ini, Pekanbaru kembali inflasi akibat kenaikan harga beras," ujar Muflihun, Sabtu (15/10/2022).

Ia mengatakan untuk hari ini Pekanbaru masih mendatangkan cabai dari provinsi tetangga. Sementara, kecamatan pinggiran masih banyak lahan kosong. 

Lahan kosong itu harus dimanfaatkan untuk menanam kebutuhan sayuran yang setiap hari dibutuhkan. Pemko Pekanbaru juga sudah membuat surat edaran yang meminta seluruh ASN dan masyarakat untuk menanam cabai dan bawang merah di halaman rumah.

"Upaya ini saya harap dapat membantu Pekanbaru keluar dari inflasi. Saya juga sudah berbincang dengan pimpinan Bank Indonesia. Mereka siap membantu bibit cabai dan bawang merah," kata Muflihun. 

Untuk itu para camat diminta mendata lahan kosong yang ada di wilayahnya. Lahan kosong itu bisa dimanfaatkan untuk menanam cabai dan bawang merah.

"Kita punya Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), petani milenial, dan penyuluh pertanian. Sehingga, pertanian lebih mudah dilakukan," ujar Muflihun. 

Disampaikan Muflihun, dalam menekan inflasi, Pemko dan DPRD ikut mengawal agar tidak tinggi. 

"Di samping itu, Pemko juga sudah membentuk Satgas untuk mengawasi harga di pasaran. Harga beras juga dicek di Bulog," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Muflihun menyerahkan berbagai bantuan bagi Kelompok Penerima Manfaat Kampung Pangan Lokal. 

Selain itu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dirinya juga melakukan penanaman bibit cabai. Kegiatan dilanjutkan dengan panen buah-buahan dan sayuran di lahan siCANTIG yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang).


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar