Inilah 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Curhat

SOLO, POTRETRIAU.com - Banyaknya tuntutan dalam kehidupan di era modern ini membuat banyak masyarakat yang hidup di dalam tekanan. Menjaga kesehatan mental menjadi salah satu hal yang perlu untuk dilakukan.

Ada banyak permasalahan yang bisa membuat seseorang tertekan, seperti pekerjaan, bisnis, percintaan, keluarga, maupun ekonomi. Apalagi semasa pandemi ini, banyak permasalahan ekonomi yang membikin kehidupan semakin tertekan.

Jika tidak dikelola dengan baik, tekanan demi tekanan yang datang silih berganti bisa mengakibatkan gangguan mental. Dalam kondisi tertentu, gangguan mental bisa menyebabkan seseorang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.

Hal itu membuat menjaga kesehatan mental menjadi sangat penting. Dikutip dari laman resmi RSUD Mangusada milik Pemkab Bandung, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

1. Mengontrol Emosi

Mengontrol emosi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Hal ini membutuhkan proses latihan yang cukup lama.

Saat terjadi permasalahan hidup, emosi yang tidak terkontrol sering mengakibatkan permasalahan menjadi lebih runyam.

2. Mencoba Hal Baru

Mencoba hal atau aktivitas baru pada dasarnya tidak akan menyelesaikan masalah kita. Namun, setidaknya hal ini bisa membuat pikiran menjadi lebih segar sehingga bisa untuk memikirkan solusi permasalahan hidup dengan lebih jernih.

Selain itu, mencoba hal atau pengalaman baru bersama teman-teman dekat tentunya lebih seru untuk dilakukan.

3. Bercerita kepada Orang Lain

Bagi sebagian orang, curhat mengenai masalah yang dihadapi bisa bermanfaat untuk mengurangi beban. Meskipun sebenarnya teman cerita tidak bisa menawarkan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Namun, kamu juga perlu untuk menilai karakter teman yang akan diajak curhat. Pastikan mereka adalah teman yang tidak suka mengumbar rahasia teman kepada orang lain.

4. Pergi ke Luar

Pergi berjalan-jalan ke luar rumah bisa melepas kepenatan dan beban pikiran. Tidak harus bepergian jauh, berjalan-jalan selama 10 menit sudah cukup untuk mengembalikan pikiran menjadi segar.

Aktivitas ini diyakini bisa mengurangi stres dan mengisi kembali energi di dalam tubuh.

5. Olahraga

Biasakan meluangkan waktu untuk berolahraga meski hanya sejenak. Tubuh yang segar akan membuat pikiran kita juga menjadi semakin lega.

Berolahraga bersama teman-teman sehobi juga bisa menjadi pilihan, seperti bersepeda, bermain basket ataupun senam.

6. Meditasi

Banyak yang meyakini bahwa meditasi akan mampu mengembalikan energi dalam tubuh dan membuat pikiran menjadi tenang. Meditasi juga bisa menjadi sarana bagi seseorang untuk meredakan emosi.

Meditasi bisa dilakukan secara singkat, sekitar 10-15 menit sebelum tidur.

7. Senyum

Meskipun terdengar sepele, senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif.

8. Menyapa Seseorang

Menyapa banyak orang dengan sapaan standar seperti 'selamat pagi' akan meningkatkan kepercayaan diri sekaligus meningkatkan aspek sosial. Keluarlah dari zona nyaman yang selalu berdiam diri dan menunggu disapa orang lain terlebih dahulu karena gengsi.

9. Bersenang-senang

Carilah hobi positif yang bisa membuat kamu bahagia, yang membuat kamu melupakan segala kepenatan. Jangan malu untuk tertawa lepas.

10. Istirahat yang cukup

Untuk mewujudkan kesehatan mental yang optimal, dibutuhkan istirahat yang cukup setelah melakukan aktifitas di siang hari.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar