Hati-hati! Tol Pekanbaru-Bangkinang Minim Penerangan Malam Hari, Ini Kata Hutama Karya

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Jalan Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Padang pada Seksi Pekanbaru-Bangkinang resmi dibuka, Kamis (27/10/2022) pagi.

Dari Pekanbaru, pintu tol berada di Desa Sungai Pinang atau setelah Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Kualu Nenas, Kecamatan Tambang. Sedangkan pintu tol Bangkinang berada di Kecamatan Bangkinang Seberang.

Panjang jalan tol yang dibuka hari ini mencapai 31 kilometer dengan jarak tempuh dari Kecamatan Tambang ke Bangkinang Seberang selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam.

Sejak dibuka pagi tadi, jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini akan beroperasi selama 24 jam dan akan diuji coba beberapa pekan. Pengendara yang ingin melintas untuk sementara tanpa biaya alias gratis dengan syarat tetap menggunakan kartu tol elektronik.

Akan tetapi pengendara diminta tetap hati-hati terutama pada malam hari mengingat jalan tol untuk saat ini masih minim penerangan. Hal terebut dikarenakan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan tol luar kota.

Kepala Operasional Jalan tol Pekanbaru-Dumai PT Hutama Karya, A.A Indrajana mengatakan karena jalan tol Pekanbaru Bangkinang masuk kategori tol luar kota, maka penerangan hanya ada pada akses gerbang tol dan interchange saja.

"Sedangkan di sepanjang jalan hanya menggunakan marka jalan sebagai panduan pengendara," sebutnya, Kamis (27/10/2022) di Gerbang Tol Bangkinang.

Ia mengatakan jam operasional tol Pekanbaru Bangkinang selama 24 jam. Pihaknya juga sudah menyediakan kelengkapan pendukung keselamatan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Untuk perlengkapan sudah kami lengkapi semua, seperti medis, derek, towing, mobil rescue, mobil patroli dan juga pihak kepolisian melakukan pemantauan jalan tol," katanya

Untuk saat ini, lanjut Indrajana, jalan tol Pekanbaru Bangkinang masih menggunakan sistem satu pintu tol. Sehingga jika masyarakat datang dari arah Pekanbaru, tidak melalui pintu tol.

"Kalau yang masuk dari arah Sungai Pinang, silahkan masuk saja, nanti tap emoney-nya di Gerbang Tol Bangkinang," terangnya.

Disinggung soal tarif tol jika sudah dioperasikan secara normal, Indrajana mengaku, jika pihaknya saat ini sudah memegang Surat Keputusan (SK) tarif tol Pekanbaru-Bangkinang. Hanya saja ia tidak merincikan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang sesuai golongan kendaraan.

"Yang jelas untuk tarif kendaraan golongan satu (mobil pribadi) lebih kurang Rp1.000 per kilometer (Km). Nanti akan kita sosialisasi ketika jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan bertarif," tukasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar