Gubernur Riau Syamsuar bangga minat generasi milenial belajar di pesantren

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas minat generasi milenial di Bumi Lancang Kuning untuk belajar ilmu agama di pondok pesantren semakin meningkat, ditandai pertumbuhan jumlah Ponpes di Riau hingga tahun 2022 menjadi 433 ponpes.

"Alhamdulillah perkembangan pondok pesantren di Provinsi Riau semakin berkembang pesat, pada tahun 2019 berjumlah 218 pondok pesantren, 2022 meningkatkan berjumlah 433 pondok pesantren,” kata Syamsuar dalam keterangnnya di Indragiri Hulu, Selasa.

Gubernur Syamsuar mengatakan dari 2019 hingga 2022 tercatat 194 pondok pesantren baru yang bertambah di setiap daerah kabupaten/kota.

Selama 4 tahun, katanya, telah berdiri sebanyak 194 pesantren baru, membuktikan minat masyarakat Riau untuk menimba ilmu di Pondok Pesantren semakin tinggi.

 

"Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen dalam penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di pesantren, dibuktikan dengan terbitnya Perda Provinsi Riau nomor 6 tahun 2022 tentang penyelenggaraan pesantren," katanya.

Dengan Perda tersebut, katanya, peraturan daerah penyelenggaraan pesantren diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM berupa peningkatan kapasitas dan kapabilitas tenaga pendidik dan kependidikan pesantren.

Gubernur Syamsuar berharap, dengan adanya Perda tersebut dapat membentuk individu santri yang unggul diberbagai bidang dan memfasilitasi sarana dan prasarana infrastruktur pesantren dalam upaya optimalisasi fungsi pesantren.

Seorang santri dari Pondok Pesantren Al-Imam Abi Yasid Dumai, Mega Haycare mengatakan selain senang bertemu Gubernur Riau, pawai para santri sekaligus menjadi silahturahmi dan menambah pertemanan dengan santri di Ponpes lainnya.

"Saya senang sekali bisa melihat bapak Gubernur dan tokoh-tokoh hebat lainnya secara langsung. Semoga acara ini bisa diadakan setiap tahunnya karena disini kami dapat kenal dengan teman-teman dari pondok pesantren lain dan di sini kami juga mendapatkan pengalaman baru, dan ini seru," katanya.

Peringatan hari Santri 2022 dimeriahkan dengan pawai digelar 431 Pondok Pesantren (Ponpes) se Provinsi Riau di Indragiri Hulu. Pawai ini diikuti oleh sekitar 1.800 santri/wati di depan Gedung Sejuta Tangkai, Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (15/11).

Peringatan Hari Santri 2022 makin meriah saat para santri menampilkan kreatifitasnya seperti drumband, pancak silat, dan aksi santri yang menunggangi kuda.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar