Harimau Terlihat di Well Rantau Bais 40 Rohil, Warga Diimbau Tidak Keluar Malam

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan mitigasi interaksi negatif satwa liar Harimau Sumatera (HS) di Well Rantau Bais 40, Kepengehuluan Teluk Berembun, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.

Kepala BBKSDA Riau, Genman S. Hasibuan mengatakaan, pihaknya turun ke lapangan untuk menindaklanjuti adanya Informasi dari masyarakat kepada Pihak Well Rantau Bais (PT. Pertamina Hulu Rokan) yang diteruskan kepada Balai Besar KSDA Riau terkait penampakan harimau di wilayah tersebut.

"Informasi diperoleh dari seseorang yang pada saat sedang memancing ikan sekitar pukul 17.00 WIB, melihat sosok HS melintas di sekitar Well Rantau Bais 40. Kemudian yang bersangkutan berlari keluar areal Well 40 dan menuju rumah terdekat (karena yang bersangkutan bukan merupakan warga di desa tersebut)," kata Genman, Kamis (2/2/2023).

Lanjutnya, tim berkoordinasi dengan perangkat desa di Kepenghuluan Teluk Berembun dan melakukan pengecekan lapangan di sekitar lokasi ditemukannya sosok HS bersama pihak PT PHR dan masyarakat, namun tidak melihat jejak satwa dimaksud.

"Lokasi Kepenghuluan Teluk Berembun sebagian besar merupakan hamparan perkebunan sawit dan tidak jauh dari lokasi terdapat Sungai Rokan," imbuhnya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kepenghuluan Teluk Berembun untuk selalu waspada terhadap satwa liar dan menghimbau agar tidak melukai apalagi membunuh satwa yang dilindungi UU tersebut.

"Apabila satwa mendekati perkampungan agar mengunakan bunyi-bunyian untuk mengusirnya. Tim mengingatkan kepada masyarakat agar tidak beraktifitas di luar rumah ketika malam hari dan jika terpaksa agar saat keluar rumah tidak sendirian," pungkasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar