Jayawijaya Rusuh, 10 Orang Tewas dan 18 Luka-luka

MIMIKA, POTRETRIAU.com - Kerusuhan akibat isu penculikan anak di Kelurahan Sinakma, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, pada Kamis (23/2/2023) siang, menyebabkan 10 orang meninggal dunia dan 18 mengalami luka-luka.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, aksi pembakaran dan penyerangan kepada aparat keamanan membuat para personel di lapangan melepaskan tembakan ke arah massa, hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka.

"Korban itu 10 orang (tewas), delapan dari masyarakat asli Papua dan dua dari pendatang. Ada juga korban luka-luka dari aparat 18 orang, 16 kena batu dan dua orang kena panah, salah satunya perwira polisi," kata Fakhiri di Mimika, Jumat (24/2/2023).

Sambung Fakhiri, penyebab korban tewas belum bisa dipastikan. Sebab, aparat keamanan masih melakukan penyelidikan.

Aparat keamanan juga belum bisa masuk ke RSUD Wamena karena keluarga korban masih berkumpul di area tersebut.

Terjadi pula kerugian materiil akibat kericuhan itu. Sebab, massa juga melakukan aksi perusakan dan pembakaran.

"Kerugian materiil ada dua ruko dan 13 rumah yang dibakar, ditambah dengan kendaraan-kendaraan milik TNI-Polri yang rusak akibat terkena lemparan batu," kata Fakhiri.

Kerusuhan itu bermula ketika warga menghentikan sebuah mobil yang digunakan untuk berjualan di Sinakma pada Kamis (23/2/2023) siang. Dua orang yang ada di dalam kendaraan tersebut dituduh menculik seorang anak.

Kapolres Jayawijaya yang mendapat laporan tersebut kemudian tiba di lokasi untuk mengendalikan situasi. Ajakan Kapolres untuk menyelesaikan masalah di Kantor Polres Jayawijaya sempat diterima, namun tiba-tiba muncul sekelompok warga yang melakukan provokasi dan kemudian melakukan aksi anarkis.

Tidak hanya berusaha menyerang dua warga yang dituduh menculik anak, massa juga menyerang aparat keamanan yang ada di lokasi. Peringatan yang diberikan oleh polisi pun tidak dihiraukan. Massa terus berusaha menyerang aparat keamanan dan kendaraan yang ada di lokasi kejadian.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar