Terus Kembangkan Sayap, Kini LBDH Inhil Sudah Terbentuk hingga ke Kecamatan

Pengurus LBDH

TEMBILAHAN, POTRETRIAU.com - Tidak hanya ada di Ibukota Kabupaten, kini, Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) sudah merambah sampai ke semua kecamatan yang ada di Inhil.

Dengan jumlah anggota mencapai ribuan orang tersebut, organisasi yang menjadi tempat berkumpulnya warga suku banjar ini terus memperlihatkan eksistensinya.

Panglima Strategi LBDH Inhil, Andre menjelaskan, meski jarak tempuh setiap kecamatan di Inhil sangat jauh, namun tidak menyurutkan semangat untuk terus mengembangkan sayap organisasi ini.

"Alhamdulillah untuk 20 kecamatan sudah lama rampung kepengurusannya, jadi saat ini kami semua tinggal mengembangkan kepengurusan yang ada di kecamatan," ujarnya.

Ia berharap, seluruh pengurus terus bersemangat memgembangkan LBDH ini.

"LBDH adalah tempat bertukar pikiran dan mengembangkan Kebudayaan Banjar, jadi orang-orang Banjar ayo bergabung," lanjutnya.

Untuk diketahui, LBDH merupakan organisasi Paguyuban Banjar. Dalas Hangit adalah peribahasa orang Banjar yang artinya, Semangat Baja, Pantang Mundur.

Jika diartikan Laskar Banjar Dalas Hangit adalah pengawal atau prajurit suku Banjar yang memiliki semangat dan tekad yang kuat, pantang mundur mengangkat dan menjaga marwah Banjar.

Akan hal ini, LBDH tetap menyuarakan selogan orang Banjar yaitu "Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing". Melambangkan salah satu papadahan atau pesan Pangeran Antasari (Sultan Banjar), artinya adalah berusaha sampai akhir, tidak boleh menyerah, tidak mudah putus asa.

Maksud dari pesan Pangeran Antasari tersebut, adalah untuk menyemangati pasukannya agar tidak menyerah saat melawan penjajah Belanda, hingga tetes darah penghabisan. Dan slogan yang akrab di telinga para orang-orang Banjar ini memberi dampak psikologis yang positif terlebih juga buat bubuhan Banjar LBDH Kabupaten Inhil. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar