Menteri Kesehatan dan Istri Positif Covid-19, “Saya Merasa Sangat Lelah dan Kehilangan Nafsu Makan"

Ilustrasi

POTRETRIAU.com, Virus covid-19 memang tak pandang bulu, siapa saja dijangkiti, tak terkecuali seorang Menteri Kesehatan berserta istrinya.

Diketahui, Menteri Kesehatan (Menkes) Afrika Selatan, Zweli Mkhize dan istrinya, dokter May Mkhize, dinyatakan telah positif Covid-19.

Hal ini disampaikan pihak kementerian baru-baru ini. Sang menteri mengaku hanya merasakan gejala-gejala ringan seperti mudah lelah dan kehilangan nafsu makan.

“Saya merasa sangat lelah dan mulai kehilangan nafsu makan. Sementara istri saya batuk, pusing, dan sangat lelah,” ungap Zweli Mkhize melalui pernyataannya yang dikutip dari Reuters.

“Kami sempat kontak dekat beberapa minggu lalu dengan anggota keluarga dan beberapa tim pelayanan kesehatan saya. Kami telah memberi tahu mereka untuk segera mengisolasi diri dan menjalani tes,” tuturnya.

Saat ini, Zweli Mkhize dan istrinya tengah menjalani masa karantina di rumahnya. Dia optimistis bisa sembuh seperti sebelumnya.

“Saya sekarang di karantina di rumah, baik saya dan istri saya tetap optimistis bahwa kami akan pulih sepenuhnya dari virus ini,” tuturnya.

Sebagai dokter medis yang terlatih, Zweli Mkhize berjuang di garis depan untuk mengatasi pandemi Corona yang menyerang Afrika dan negara di belahan dunia lain ini.

Bahkan dia juga terus mendesak warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan manjauhi kerumunan.

“Virus ini menyebar melalui pergerakan dan kontak orang. Apapun yang kami lakukan dan kemanapun kami pergi, kami harus ingat bahwa tetap ada resiko gelombang kedua,” sambungnya.

Zweli Mkhize merupakan menteri kabinet kelima yang dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, ada Menteri Sumber Daya Mineral dan Energi Gwede Mantashe, Menteri Tenaga Kerja dan Tenaga Kerja Thulas Nxesi, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Ebrahim Patel, dan Menteri Pertahanan Nosiviwe Mapisa-Nqakula.

Berdasarkan data pemerintah terbaru yang dirilis pada Sabtu, 17 Oktober 2020, terdeteksi sebanyak 1.928 kasus baru. Total kasus yang terkonfirmasi menjadi 700.000 dan 18.408 kasus kematian.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar