Walaupun Musim Hujan, Kebakaran Lahan di Riau Masih Terjadi

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Meski Provinsi Riau memasuki musim penghujan, namun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih saja terjadi, seperti baru-baru ini kebakaran terpantau di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Hal itu diakui Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal kepada CAKAPLAH.com, Senin (10/10/2022) di kantor Gubernur Riau.

"Kebakaran masih saja terjadi di beberapa daerah walaupun musim hujan. Seperti kemarin terpantau di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)," kata Edy Afrizal.

Meski masih terjadi kebakaran, lanjut Edy Afrizal, namun kebakaran masih dapat diatasi tim satuan tugas, karena lahan yang terbakar hanya sedikit.

"Kebakaran di Rohul sudah dapat diatasi kemarin, kita turunkan helikopter water boombing, karena lokasi kebakaran di daerah perbukitan sulit air dan juga aksesnya sulit dijangkau oleh tim satuan tugas darat," paparnya.

Karena itu, tambah Edy Afrizal, pihaknya setiap hari tetap menurunkan helikopter patroli untuk memantau kebakaran lahan dan hutan di kabupaten/kota.

"Patroli menggunakan helikopter terus dilakukan, untuk jaga-jaga kalau ada kebakaran walaupun sekarang musim hujan," sebutnya.

Kebakaran di Kabupaten Rohul diduga adanya aktivitas masyarakat membuka lahan kebun dengan cara membakar.

"Kita selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan kebun dengan cara membakar, karena dampaknya dapat merugikan masyarakat banyak," tukasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar