6 Keluarga Jenazah Positif Covid-19 Ajukan Permohonan Pemindahan Pemakaman ke Pemko Pekanbaru

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Enam keluarga mengajukan permohonan pemindahan pemakaman jenazah dari TPU Tengku Mahmud, Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Jenazah tersebut merupakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Menanggapi permohonan ini, Pemko Pekanbaru masih melakukan koordinasi dan pembahasan bersama Satgas Covid-19 Pekanbaru.

Asisten I Pemko Pekanbaru, Masykur, Selasa (28/2/2023) mengatakan bahwa meskipun ada Perwako Nomor 117 Tahun 2021 yang mengizinkan pemindahan jenazah dengan syarat negatif hasil tes PCR, namun enam permohonan ini hasilnya positif.

Oleh karena itu, Pemko Pekanbaru akan melakukan kajian bersama Satgas Covid-19 Pekanbaru, konsultasi dengan Kemenkes dan kementerian terkait, serta mencari referensi dari daerah lain yang sudah menerapkan kebijakan tersebut sebelum membuat keputusan.

Masykur juga mengatakan bahwa ada kemungkinan jenazah akan dipindahkan dari Tengku Mahmud keluar kota karena keluarga yang mengajukan permohonan semuanya dari luar kota. Namun, Pemko Pekanbaru tetap akan melakukan pengkajian secara matang agar tidak menimbulkan dampak negatif lain.

Saat ini, TPU Tengku Mahmud sudah menampung 1.708 makam, dan kapasitasnya hampir mencapai 3.000 makam. Pemko Pekanbaru melayani aspirasi masyarakat, namun juga harus memastikan bahwa keputusan yang diambil tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat lainnya.

"Nantinya, kami akan merumuskan SOP untuk hal ini," kata Masykur.

Perwako Nomor 117 Tahun 2021 Kota Pekanbaru mengatur tentang pemakaman jenazah pasien Covid-19 di tempat pemakaman umum. Pasal 8 Perwako tersebut menyebutkan bahwa "Pemindahan jenazah Covid-19 hanya dapat dilakukan apabila hasil PCR swab nasofaring dan orofaring telah dinyatakan negatif oleh laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah." Namun, Perwako tersebut tidak membahas tentang pemindahan jenazah Covid-19 yang hasilnya positif. 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar