60 Anggota Panwascam kabupaten Inhil Resmi Dilantik di Gedung Engku Kelana

INHIL, POTRETRIAU.com - Setelah mengikuti proses yang sangat panjang sebanyak 60 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) hari ini secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Inhil, Muhammad Dong sekaligus menyaksikan pembacaan fakta integritas oleh anggota Panwascam di Gedung Engku Kelana, Jalan Baharudin Yusuf Tembilahan, Kamis (27/10/22).

Ketua Bawaslu Kabupaten Inhil, Muhammad Dong menyampaikan, mereka yang terpilih sebagai anggota panwascam sudah dijaring melalui seleksi yang cukup ketat. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Sehingga mereka yang terpilih tersebut dinilai punya kredibilitas yang cukup baik dan bisa mengemban tugas dengan maksimal.

“Proses rekrutmen panwascam ini kita lakukan cukup ketat. Mulai seleksi berkas atau adminitrasi, tes tertulis yang dilakukan dengan sistem CAT yang tidak bisa diganggu gugat, tidak bisa mengakomodir permintaan-permintaan siapapun karena nilai yang diperoleh langsung ke Bawaslu Provinsi lalu dikirim ke RI, selanjutnya dilakukan tes wawancara sehingga terpilihlah mereka-mereka ini yang dianggap memiliki kredibilitas yang cukup baik untuk menjalankan tugas pengawasan di Kecamatan secara maksimal," ujar M. Dong.

Dijelaskan Ketua Bawaslu, Muhammad Dong bahwa tanggungjawab yang diemban ini merupakan tanggungjawab yang besar, dimana telah dilakukan pengambilan sumpah agar tidak ada penyelewengan didalam menjalankan tugas tersebut.

"Saya ingatkan kembali, anggota telah melakukan pengambilan sumpah, dengan ini saya minta kepada kita semua untuk berkerja secara maksimal demi meningkatkan kualitas dan kuantitas pemilu di Kabupaten Inhil, agar terciptanya pemilu yang bersih," ujarnya.

"Artinya 60 Anggota Panwascam dalam menjalankan tugasnya akan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Nasional dan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti mengingatkan kepada Bawaslu beserta jajarannya untuk menjalankan tugas sebagai pengawas dengan amanah.

"Bagaimanapun, pengawas adalah sebagai penegak keadilan seperti fakta integritas yang dibacakan tadi, jujur dan adil, maka laksanakan tugas dengan jujur dan seadil-adilnya," pesan Wakil Bupati Inhil yang akrab disapa Abah SU itu.

Sebelumnya, tercatat sebanyak 526 orang lolos seleksi adminitrasi Calon Panwascam yang selanjutnya dilakukan tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan kelulusan sebanyak 120 Calon Panwascam, lalu dilakukan tes wawancara untuk mendapatkan 3 Anggota Panwascam se-Kabupaten Inhil.  

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti, Kepala Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, SE., M.IKom yang diwakili Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau Hasan, M.Si Koordinator SDM Organisasi, Kepala Bawaslu Inhil Muhammad Dong, Unsur Forkopimda Kabupaten Inhil, Camat se-Kabupaten Inhil atau yang mewakili, Anggota Panwascam se-Kabupaten Inhil dan tamu undangan lainnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar