Gelar apel kesiapsiagaan tanggap bencana, Bupati Meranti harap bukan hanya seremonial belaka

MERANTI, POTRETRIAU.com - Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil memimpin Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati, Senin.

Apel itu diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda, kepala OPD dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kepulauan Meranti. "Apel ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi terhadap kemungkinan bencana yang akan terjadi," kata Bupati Adil.

Adapun bencana seperti banjir yang sering terjadi di musim hujan, ujar Bupati, telah terjadi di Kepulauan Meranti. Seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Rangsang Barat belum lama ini. Kondisi itu juga diperparah oleh kondisi pasang air laut.

"Untuk itu, apel ini dimaksudkan menguji kemampuan dan keterampilan dalam mobilitas sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana," ungkapnya.

Lebih jauh Adil berharap, berkumpulnya seluruh stake holder dalam apel itu bukan hanya seremoni belaka. Akan tetapi menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri serta berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

"Kita menyadari bencana alam tidak dapat ditolak, tapi lebih penting bagaimana meminimalisir dampak dengan mitigasi yang tepat" tambahnya.

Usai apel, Bupati Adil juga sempat melakukan pengecekan alat untuk penanggulangan bencana alam.

Tampak ikut mendampinginya, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Sekda Bambang Suprianto, dan kepala OPD, Basarnas, perwakilan perusahaan serta unsur terkait lainnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar